cara membuat daftar pustaka dengan bibliography
Anda mungkin sering
bingung cara menulis kutipan, daftar pustaka atau bibliografi yang tepat
walaupun sudah ada petunjuknya.
Microsoft Word memiliki solusi untuk mengatasi masalah ini dengan menyediakan fitur Citations & Bibliography.
baca juga : solusi tarik tunai ATM
Manfaat fitur ini antara lain:
Microsoft Word memiliki solusi untuk mengatasi masalah ini dengan menyediakan fitur Citations & Bibliography.
baca juga : solusi tarik tunai ATM
Manfaat fitur ini antara lain:
- Word mendukung 10 gaya penulisan, seperti APA, MLA, dan sebagainya. Kita dapat mengubah dari satu gaya ke gaya penulisan yang lain hanya dengan beberapa klik saja. Selain itu kita juga bisa install style yang lain untuk kutipan dan daftar Pustaka di Word 2007/2010/2013.
- Kita hanya perlu membuat data untuk sumber pada kotak isian yang sudah tersedia. Kotak isian yang muncul berbeda-beda berdasarkan tipe sumber yang dipilih, misalnya buku, jurnal, website, laporan, film dan sebagainya.
- Data sumber kutipan akan disimpan di komputer untuk dapat digunakan kembali bila diperlukan dan dapat digunakan di dokumen yang lain juga.
- Word akan membuat daftar pustaka (bibliografi) dengan cepat dan mudah berdasarkan sumber yang ada. Bila ada perubahan atau kesalahan, kita bisa mengeditnya dengan mudah.
Catatan: Membuat kutipan
akan sekaligus menambah data untuk sumber yang akan muncul di daftar pustaka
(bibliografi).
1.
Pada References tab, Citations
& Bibliography group, klik tanda panah pada Style.
2. Pilih
gaya penulisan, misalnya APA atau MLA.
3. Klik
pada bagian di halaman dokumen yang akan disisipkan kutipan.
4.
Pada References tab, Citations
& Bibliography group, klik Insert Citation.
1.
Klik Add New Source untuk
membuka kotak dialog Create Source.
2.
Pada Type of source, pilih
tipe sumber. Misalnya Book, Journal Article, Web site dan sebagainya.
Perhatikan kotak isian akan berubah sesuai tipe sumber yang dipilih.
3. Ketik
informasi yang diperlukan pada kotak isian. Perhatikan contoh yang muncul di
bagian bawah kotak dialog.
4.
Pada beberapa bagian seperti Author akan
muncul tombol Edit. Klik tombol ini untuk mempermudah menulis nama
dan mengatur urutannya.
5.
Centang kotak Show All
Bibliography Fields untuk menambah data lain.
6.
Klik OK bila sudah
selesai.
7. Pada
dokumen sekarang sudah muncul kutipan yang dibuat. Bila Anda hanya ingin
membuat daftar sumber untuk digunakan belakangan, hapus kutipan tersebut pada
dokumen.
Gunakan fitur ini untuk mencari kutipan pada
daftar yang panjang atau untuk menemukan kutipan yang digunakan pada dokumen MS
Word yang lain.
1.
Pada References tab, Citations
& Bibliography group, klik Manage Sources.
2. Perlu
diperhatikan:
1.
Bila membuka dokumen baru, semua
sumber yang pernah digunakan pada dokumen sebelumnya akan muncul di
bagian Master List.
2.
Jika membuka dokumen yang memiliki
kutipan, sumber untuk kutipan tersebut akan muncul di bagian Current
List.
3. Untuk
mencari sumber tertentu, lakukan hal berikut:
0.
Pada kotak sortiran, pilih apakah
sumber akan diurutkan berdasarkan tahun (Sort by Year), penulis (Sort
by Author), judul (Sort by Title), atau berdasarkan tag (Sort by
Tag).
1.
Pada kotak Search, ketik
judul atau nama penulis yang ingin dicari.
4.
Klik Close bila sudah
selesai.
2.
Klik sumber tersebut di bagian Master
List (bila ingin merubah data di Master List). Atau klik
sumber di Current List bila ingin mengubah data di sini.
3.
Klik tombol Edit dan
lakukan perubahan yang diinginkan.
4.
Klik OK bila sudah
selesai. Microsoft Word akan meminta konfirmasi apakah Anda ingin melakukan
perubahan di Master List dan Current List.
1.
Klik Yes, bila ingin
perubahan disimpan pada kedua daftar tersebut.
2.
Klik No, bila perubahan
hanya untuk daftar yang dipilih.
5.
Klik Close untuk
menutup kotak dialog.
Tip: Cara cepat untuk mengedit sumber:
klik kutipan pada dokumen dan kemudian klik tanda panah dan pilih Edit
Source.
Kadang-kadang
kita mungkin ingin membuat sebuah placeholder kutipan untuk menandai posisi
kutipan tersebut pada dokumen dan mengisi datanya kemudian.
1.
Membuat Placeholder Kutipan
1.
Pada References tab, Citations
& Bibliography group, klik tanda panah pada Style.
2.
Pilih gaya penulisan, misalnya APA atau
MLA.
3.
Klik pada bagian di halaman dokumen
yang akan disisipkan placeholder.
4.
Pada References tab, Citations
& Bibliography group, klik Insert Citation.
5.
Klik Add New Placeholder .
6.
Ketik nama untuk placeholder dan
klik OK bila sudah selesai.
2.
Mengedit Placeholder Kutipan
0.
Pada References tab, Citations
& Bibliography group, klik Manage Sources.
1.
Pada Current List, klik
placeholder yang ingin diedit (placeholder ditandai dengan tanda tanya dan
diurutkan berdasarkan abjad).
2.
Klik tombol Edit dan
isi informasi yang diperlukan.
3.
Klik OK bila sudah
selesai.
Tip : Cara cepat
untuk mengedit placeholder adalah dengan mengkliknya pada dokumen. Kemudian
klik tanda panah dan pilih Edit Source.
Sebelum membuat daftar pustaka
(bibliografi), kita harus memiliki sumber (kutipan) terlebih dahulu (minimal
1).
1.
Klik pada bagian halaman dokumen untuk
membuat daftar pustaka (bibliografi). Bila perlu gunakan Section
Break untuk membuatnya di section yang baru.
2.
Pada References tab,
in the Citations & Bibliography group, klik Bibliography.
3.
Klik pada Bibliography yang
tersedia untuk menyisipkannya pada dokumen.
4. Klik
pada daftar pustaka (bibliografi) untuk memberi format yang diinginkan
(mengubah tipe dan ukuran font, warna dan sebagainya).
5.
Bila ada perubahan data, klik pada
daftar pustaka (bibliografi) sehingga muncul tampilan seperti pada gambar
berikut.
6.
Klik Update Citations and
Bibliography.
Komentar
Posting Komentar