cara membuat daftar isi dengan mudah
Pada artikel teknik menulis ini akan kita bahas bagaimana cara membuat
daftar isi yang otomatis dengan aplikasi office di komputer. Dalam
hal ini kita akan menggunakan microsoft word 2010.
- Buatlah file di Microsoft Word! Kemudian, pilih menu References, kemudian pilih Table of Contents. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. disitu terdapat keterangan bahwa table of contens atau daftar isi belum ditemukan. itu karena memang ada langkah-langkah yang harus dikerjakan terlebih dahulu.
- Selanjutnya kita buat dulu bab atau subbab apa saja yang akan tertera pada daftar isi. contohnya adalah sebagai berikut. Kata
- pengantar
- Prolog
- Pendahuluan
- Pengenalan Ms. Word
- Manfaat menggunakan Ms. Word
- Cara menggunakan Ms. Word
- Tentang Penulis
- Indeks
bab-bab diatas ditulis dihalaman yang berbeda-beda.
3. Atur style-nya tulisan pada judul bab menjadi Heading 1 atau Heading
2. Caranya adalah blok tulan kemudian pada kolom Styles di home pilih heading 1 atau heading 2.
Lakukan penggantian style pada semua judul di setiap halaman.
4. Jika sudah, tahap selanjutnya adalah memberi halaman atau Page Numbers. Caranya, Anda pilih menu Insert, kemudian pada kolom Header & Footer, pilih Page Number.
Ketika Anda klik Page Number, Anda akan melihat pilihan seperti gambar di bawah. Anda bisa memilih apakah nomor halaman akan diletakkan di bagian atas, bawah, kiri, kanan, atau tengah. Dalam contoh kali ini kita akan menggunakan nomor halaman di tengah bawah.
5. Selanjutnya,
jika nanti ada perubahan halaman atau perubahan judul, Anda tinggal
meng-update table seperti pada langkah keempat. Nantinya akan muncul tampilan
seperti gambar di bawah ini. Pilih Update Page Numbers Only jika tidak ada
perubahan pada nama judul dan pilih Update Entire Table jika terdapat perubahan
nama judul atau penambahan judul.
Komentar
Posting Komentar